Selasa, 01 September 2009

Tugas2 CS:
1. Bertanggung jawab atas kepuasan nasabah.
2. Memberikan pelayanan terhadap sebagian besar produk LippoBank kepada nasabah.
3. Menjawab pertanyaan nasabah dan membantu mereka dengan fasilitas perbankan lainnya.

Tugas CS dalam industri umum dan di bidang perbankan pada dasarnya adalah sama. Spesifiknya :

1. Berhubungan langsung dengan nasabah dalam memenuhi kebutuhannya (membuka rekening, menyelesaikan masalah terkait rekeningnya, maupun produk perbankan lainnya).

2. Memasarkan produk dan jasa perbankan kepada nasabah.

3. Melaksanakan kegiatan administratif terkait kegiatan operasional perbankan (melakukan filing form aplikasi rekening, pencatatan administrasi stock buku tabungan, cek, BG, membuat laporan pencapaian pembukaan rekening secara harian untuk dilaporkan kepada branch manager).

4. Di luar kegiatan di cabang, CS juga membantu lobby untuk mendapatkan calon nasabah prioritas/instansi yang potensial.

Tugas2 CS di Bank:
1. Mendapatkan peluang bisnis dari nasabah existing maupun yang baru melalui penjualan dan pelayanan dari produk perbankan (funding atau lending).
2. Mengembangkan dan membina relasi yang berkualitas dengan nasabah serta menjadi sumber terpercaya bagi nasabah dalam memberikan solusi untuk kebutuhan finansial nasabah.

Sikap Customer Service yang baik:
1. Ramah
2. Penuh perhatian
3. Profesional
4. Membantu

Sikap CS yang baik (sesuai standar layanan perbankan yang baku):
1. Ramah, memberi greeting, mengucapkan terima kasih, menyebut nama nasabah dengan benar, tersenyum.
2. Profesional, memiliki product knowledge yang lengkap, memiliki wawasan yang luas, memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi nasabah, cepat tanggap dan memberikan kepuasan pelayanan yang maksimal.

Sikap terhadap nasabah yang banyak menuntut : harus sabar, mengidentifikasikan kebutuhan, masalahnya, menganalisa, dan memberi solusi yang efektif

Bila nasabah ingin menutup rekening : Ditanyakan baik2 alasannya, memberi alternatif solusi agar ybs. tidak menutup rekeningnya, atau menawarkan produk lain yang dapat menjawab kebutuhannya.

Yang perlu dirahasiakan : semua data nasabah (merupakan rahasia bank yang diatur dalam undang2)

Syarat2 pembukaan rekening :
1. Perorangan : mengisi formulir, Fotokopi KTP, foto terbaru.
2. Badan / Perusahaan : SIUP, TDP, NPWP, SITU/Keterangan Domisili, Akte Pendirian Perusahaan dan Perubahan, KTP seluruh pengurus, dan foto, serta spesimen tanda tangan pengurus yang menjadi contact person.

Sikap saat ditegur : jalankan sebaik2nya. Melayani nasabah pakailah hati, melayani pimpinan jangan pakai hati (maksudnya jangan cepat tersinggung...)
materi referensi:
Mantan pejabat bank
Tugas2 CS:
1. Bertanggung jawab atas kepuasan nasabah.
2. Memberikan pelayanan terhadap sebagian besar produk LippoBank kepada nasabah.
3. Menjawab pertanyaan nasabah dan membantu mereka dengan fasilitas perbankan lainnya.

Tugas CS dalam industri umum dan di bidang perbankan pada dasarnya adalah sama. Spesifiknya :

1. Berhubungan langsung dengan nasabah dalam memenuhi kebutuhannya (membuka rekening, menyelesaikan masalah terkait rekeningnya, maupun produk perbankan lainnya).

2. Memasarkan produk dan jasa perbankan kepada nasabah.

3. Melaksanakan kegiatan administratif terkait kegiatan operasional perbankan (melakukan filing form aplikasi rekening, pencatatan administrasi stock buku tabungan, cek, BG, membuat laporan pencapaian pembukaan rekening secara harian untuk dilaporkan kepada branch manager).

4. Di luar kegiatan di cabang, CS juga membantu lobby untuk mendapatkan calon nasabah prioritas/instansi yang potensial.

Tugas2 CS di Bank:
1. Mendapatkan peluang bisnis dari nasabah existing maupun yang baru melalui penjualan dan pelayanan dari produk perbankan (funding atau lending).
2. Mengembangkan dan membina relasi yang berkualitas dengan nasabah serta menjadi sumber terpercaya bagi nasabah dalam memberikan solusi untuk kebutuhan finansial nasabah.

Sikap Customer Service yang baik:
1. Ramah
2. Penuh perhatian
3. Profesional
4. Membantu

Sikap CS yang baik (sesuai standar layanan perbankan yang baku):
1. Ramah, memberi greeting, mengucapkan terima kasih, menyebut nama nasabah dengan benar, tersenyum.
2. Profesional, memiliki product knowledge yang lengkap, memiliki wawasan yang luas, memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi nasabah, cepat tanggap dan memberikan kepuasan pelayanan yang maksimal.

Sikap terhadap nasabah yang banyak menuntut : harus sabar, mengidentifikasikan kebutuhan, masalahnya, menganalisa, dan memberi solusi yang efektif

Bila nasabah ingin menutup rekening : Ditanyakan baik2 alasannya, memberi alternatif solusi agar ybs. tidak menutup rekeningnya, atau menawarkan produk lain yang dapat menjawab kebutuhannya.

Yang perlu dirahasiakan : semua data nasabah (merupakan rahasia bank yang diatur dalam undang2)

Syarat2 pembukaan rekening :
1. Perorangan : mengisi formulir, Fotokopi KTP, foto terbaru.
2. Badan / Perusahaan : SIUP, TDP, NPWP, SITU/Keterangan Domisili, Akte Pendirian Perusahaan dan Perubahan, KTP seluruh pengurus, dan foto, serta spesimen tanda tangan pengurus yang menjadi contact person.

Sikap saat ditegur : jalankan sebaik2nya. Melayani nasabah pakailah hati, melayani pimpinan jangan pakai hati (maksudnya jangan cepat tersinggung...)
materi referensi:
Mantan pejabat bank